Rabu, 29 Desember 2010

Hidup Lebih Panjang 12 Tahun, Mau?


 ruangberkas.com_imagesJika digabungkan, empat kebiasaan buruk ini yaitu merokok, minum alkohol terlalu banyak, tidak aktif dan diet yang buruk akan membuat kita lebih tua 12 tahun dari usia sebenarnya, demikian hasil penelitian. Hasil ini didapat dari riset lebih dari 4,866 orang dewasa selama lebih dari 20 tahun di Inggris. Peserta survey dipilih secara acak dengan umur rata rata 40 tahun.

Dari 314 orang yang diteliti mempunyai kebiasaan tak sehat. 91 orang di antaranya meninggal saat penelitian atau 29%. Sedangkan 387 orang yang mempunyai kebiasaan hidup sehat, hanya 32 orang yang meninggal selama penelitian atau sebesar 8%.

Kebiasaan hidup tak sehat itu lebih rincinya yaitu merokok, minum lebih dari 3 gelas minuman beralkohol per hari bagi pria dan lebih dari 2 gelas bagi wanita, melakukan aktivitas fisik kurang dari 2 jam tiap minggunya dan makan buah dan sayuran kurang dari 3 porsi per hari.

Kebiasaan ini bila digabungkan akan meningkatkan resiko kematian dan membuat orang tersebut terlihat lebih tua 12 tahun dari orang yang membiasakan hidup sehat, demikian hasil penelitian dari Oslo Universitas.

Anda tidak perlu terlalu berlebihan untuk mencapai hidup sehat ini. Sebagai contoh, 1 buah wortel, 1 buah apel dan 1 cangkir jus jeruk, tidak merokok dan aktivitas membersihan rumah misalnya sudah cukup untuk memenuhi standar hidup sehat ini.

Surat kematian dari peserta tersebut diteliti dan hasilnya adalah sebagian besar meninggal karena penyakit jantung dan kanker akibat hidup tak sehat ini.

Hasil penelitian ini tidak menyimpulkan bahwa siapa yang mempunyai kebiasaan hidup sehat akan berumur lebih panjang tetapi akan meningkatkan kemungkinan hidup lebih panjang. Tidak ada salahnya bukan untuk hidup secara sehat?

Sumber : http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/69/news/100428100828/limit/0/Hidup-Lebih-Panjang-12-Tahun-Mau.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan