Jumat, 21 Januari 2011

Sukun berkhasiat untuk jantung (Penelitian LIPI)

Tanaman sukun (artocarpus altilis) ternyata berkhasiat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Sukun mengandung senyawa flavonoid yang khas dibanding tanaman lain,” kata Tjandrawati Mozef, peneliti dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dalam seminar kesehatan di Jakarta, hari ini.

Dia menuturkan kekayaan alam Indonesia, khususnya tumbuhan, merupakan sumber senyawa bioaktif yang bisa dikembangkan menjadi obat, salah satunya adalah sukun.


Penelitian yang dilakukan oleh LIPI sejak 2004 sampai sekarang menemukan bahwa sukun berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Dengan adanya pengembangan sukun ini, diharapkan bisa menjawab kebutuhan obat bagi masyarakat, terutama untuk penyakit kardiovaskuler, yang prevalensinya di Indonesia masih tinggi,” ujarnya, dan menambahkan harga obat masih mahal, katanya. Sebab, bahan baku obat 95% masih impor.

Berdasarkan uji praklinis, katanya, dari ekstrak aktif etil asetat daun sukun memiliki aktivitas terhadap penyakit kardiovaskular.

Ekstrak etil asetat daun sukun menghambat agregasi platelet, mengurangi viskositas darah dan melindungi jantung dari acute ischemia. Di samping itu, juga menurunkan kadar kolesterol darah dan tumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

Dia menuturkan sukun tumbuh pada daerah tropis, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Di Indonesia, sukun sudah biasa digunakan oleh masyarakat pedesaan sebagai pengobatan alternatif.
Caranya dengan meminum air rebusan sukun. Selain itu juga digunakan untuk mengobati penyakit hati, inflamasi, jantung, ginjal, sakit gigi, dan gatal-gatal.

Sementara di Taiwan, masyarakat menggunakan akar dan batangnya untuk pengobatan penyakit hati, sirosis dan hipertensi.

Sumber : http://kimia.lipi.go.id/?p=583

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan