Selasa, 23 Agustus 2011

Registrasi raster format jpeg, bmp, tiff dengan metode georeferencing

 Terkadang data raster yang diperoleh belum mempunyai koordinat geografi/UTM. untuk memudahkan dalam proses pengolahan data maka harus dilakukan registrasi terhadap raster tersebut. Data raster yang sudah diregistrasi akan mempunyai koordinat yang sebenarnya. Sehingga dapat diproses lebih lanjut.

Dalam tutorial ini saya menggunakan software ArcGIS versi 9.2
Prosedur registrasi raster tersebut: (dalam latihan ini data raster adalah peta RBI Makassar yang telah di scan, format data adalah jpg)

1. Buka program Arc GIS dari start menu -> Programs -> Arc GIS -> Arc Map


2. Setelah lembar kerja arc map terbuka, klik toolbar “tanda +” (untuk menambah theme atau raster). Setelah anda klik toolbar “+”, maka akan muncul kotak dialog dan pilih file yang akan diregistrasi (dalam contoh ini digunakan rbi_makassar.jpg). Setelah raster rbi_makassar tampil, pastikan pada kotak layer terpilih”rbi_makassar.jpg”

3. Aktifkan kotak dialog georeferencing

Klik Tombol A untuk menentukan letak titik koordinat, dan klik tombol B untuk melihat dan memasukkan nilai koordinat (Lakukan registrasi koordinat tersebut minimal 4 titik, sebaiknya letak titik-titik tersebut di setip pojok gambar) setelah seleasi registrasi anda dapat menyimpan hasil koordinatnya ke dalam file dengan format txt (klik tombol save).



4. Hasil registrasinya akan terlihat sebagai berikut


Setelah selesai anda dapat mulai melakukan kegiatan membuat theme (lihat halaman 002. Membuat shp file menggunakan arc catalog)

catatan:
Untuk memperbesar gambar anda bisa klik gambar tersebut




sumber : http://artikelkomputerku.blogspot.com/2008/12/001-registrasi-raster-format-jpeg-bmp.html

2 komentar:

ninghrat cahaya mengatakan...

gan tau tidak bagaimana caranya merubah data dari tiff file ke data dlm bntuk shp file?

Ryan Zapple mengatakan...

https://panduanjalan.blogspot.co.id/2011/08/cara-membuat-autonumber-di-excel-2003.htmlBLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html dan adapun pencarian keyword yang tersedia seperti "Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan