Senin, 01 November 2010

Mengembalikan Resolusi Monitor Komputer Anda Yang Terlalu Besar

Pernahkah anda mengalami komputer anda tiba-tiba mati tidak bisa menampilkan gambar setelah anda mengganti resolusi monitor menjadi lebih besar dari yang biasa anda gunakan. Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan Monitor, terkadang ada yang VGAnya mendukung untuk resolusi besar dan monitornya tidak, atau sebaliknya, yang paling bagusih jika VGA dan monitor mendukung untuk resolusi besar.


Nah sekarang bagai mana jika Anda lagi apes, ingin mengetes monitor mengunakan resolusi besar ternyata tidak kuat, sehingga setelah diseting dan ditekan tombol oke tidak bisa muncul apa-apa, alias blank item. Kalo gitu ikuti langkah-langkah berikut :

1. Restart komputer.
2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F5 atau F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
4. Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
5. Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
6. Restart komputer dan selamat monitor anda kembali normal.

Catatan : penulis juga pernah mencoba melakukan mengganti atau menormalkan resolusi tersebut dengan cara masuk ke windows safemode dan disetting ulang resolusi monitornya dan alhasil setelah komputer direstart, tampilan monitor tidak ada perubahan, monitor masih gelap tidak bisa menampilkan gambar, nah untuk itu tips diataslah obat yang sangat manjur.

Semoga membantu dan bermanfaat.


25 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo windows 8 gimana solusi nya?

adhi pras multipos mengatakan...

Belom tentu sukses 100%

MY INFO mengatakan...

punyaku cuma ada adapter, monitor, trobleshot dan color management, tidak ada setingnya.( laptop hsetelah instal ulang) gimana ya gan?

Unknown mengatakan...

Gan mau nanyak, ketika laptopku dinyalain pasti tampilan pertamanya besar, ketika sampai kurang lebih dari 5 menit normal lagi, itu bagaimana cara ngatasinya? tks

Unknown mengatakan...

Terimakasih sangat terimakasih saya berhasil...

brutusxc mengatakan...

kalo untuk windows 8.1 gmn gan

dava mengatakan...

Yang saya tetep gabisa bang . ada cara lain ?

Unknown mengatakan...

Tekan f2 gan

Unknown mengatakan...

gan, kalo gak mau masuk ke safe mode gimana?

Unknown mengatakan...

Utk Windows 8 lsg tekan f4. Laptopku berhasil pake cara itu. hehe

Unknown mengatakan...

Utk Windows 8 lsg tekan f4. Laptopku berhasil pake cara itu. hehe

Unknown mengatakan...

Windows xp pie pak

Unknown mengatakan...

Windows xp pie pak

Unknown mengatakan...

Untuk windows 10 gimana nih?

Unknown mengatakan...

Helllo Mas singgih yang baik hati :)

saya baru saja install Windows 10 tetapi monitornya selalu mati hidup... itu kenapa ya?

Unknown mengatakan...

Ada cara lain gan.. ? masalahnya gak ada boot Enable VGA Mode jadi gmna dong

Unknown mengatakan...

terima kasih

Unknown mengatakan...

Gan ko pc saya gamau mati otomatis layarnya kalo di shutdown jadi harus di matiin manual knpa ya sdangkan komputer saya yg lain slalu otomtis

Unknown mengatakan...

Gan tolong bantu saya,kenapa ya laptop lenovo g40-45 saya,ketika membuka game resolusi layarnya tiba2 membesar,dan sudah saya atur kembali resolusinya menjadi normal,tiba2 membesar lagi dengan sendirinya,mohon gan solusinya,makasih........

tuan mengatakan...

Pas nyalain pc tiba-icon ku besar semua termasuk teks juga besar . Setelah ikutin penjelasan di atas. Aku udah masuk boost nya tpi g ada ya pilihan “Enable VGA Mode"

Editor mengatakan...

Terimakasih gan, windows xp berhasil

Unknown mengatakan...

Terimakasih,its work good job

Unknown mengatakan...


Intuk data2 gimana bos, apakah aman.. Atau malah hilang.
Ini PC kantor gak sengaja keklik resolusi paling tinggi.. Alhasil mati dan gak mau hidup lagi, bisa2 saya di pecat cuma gara2 PC error.
Tolong gan penjelasannya..

Meilinadiebah mengatakan...

Kalo gaberhasil gimanaaa????

Alief Achmadi mengatakan...

Terimakasih ilmunya...

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan