Senin, 01 November 2010

Mengembalikan Resolusi Monitor Komputer Anda Yang Terlalu Besar

Pernahkah anda mengalami komputer anda tiba-tiba mati tidak bisa menampilkan gambar setelah anda mengganti resolusi monitor menjadi lebih besar dari yang biasa anda gunakan. Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan Monitor, terkadang ada yang VGAnya mendukung untuk resolusi besar dan monitornya tidak, atau sebaliknya, yang paling bagusih jika VGA dan monitor mendukung untuk resolusi besar.


Nah sekarang bagai mana jika Anda lagi apes, ingin mengetes monitor mengunakan resolusi besar ternyata tidak kuat, sehingga setelah diseting dan ditekan tombol oke tidak bisa muncul apa-apa, alias blank item. Kalo gitu ikuti langkah-langkah berikut :

1. Restart komputer.
2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F5 atau F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
4. Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
5. Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
6. Restart komputer dan selamat monitor anda kembali normal.

Catatan : penulis juga pernah mencoba melakukan mengganti atau menormalkan resolusi tersebut dengan cara masuk ke windows safemode dan disetting ulang resolusi monitornya dan alhasil setelah komputer direstart, tampilan monitor tidak ada perubahan, monitor masih gelap tidak bisa menampilkan gambar, nah untuk itu tips diataslah obat yang sangat manjur.

Semoga membantu dan bermanfaat.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan