Senin, 06 September 2010

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WINDOWS XP

Bagi anda yang belum mengerti langkah-langkah instalasi windows atau ingin tahu dan belajar, disini saya mencoba memberikan penjelasan berikut gambarnya supaya lebih dimengerti daripada saya terus ngomong lebih baik langsung ke TKP semoga bermanfaat dan berguna


Persiapan Instalasi
Alat & Bahan :
Spesifikasi Hardware minimum agar system operasi Windows XP dapat berjalan dengan optimal.
• Processor : Pentium III 500 MHz
• Memory (RAM) : 64 MB
• CD-ROM : 35X
• Harddisk : 5 GB
• VGA card : 16 MB• Monitor : VGA, 512 color
• Sound card : 64 bit untuk multimedia
Bahan : Siapkan CD master program windows xp dan Serial Number Windows XP
Langkah-langkahn Installasi Windows XP sebagai berikut:


1) Langkah yang pertama yaitu, pengaturan setup di Bios agar dapat booting melalui CD. Pertama masuk ke Bios dengan menekan tombol “Del” pada saat POST. lalu di Bios pilih firt boot nya CD ROM.





2) Langkah selanjutnya, Kemudian save hasil merubah hal tersebut di BIOS dengan menekan F10, kemudian masukan CD installer Windows XP dan Restart.Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan Windows Setup.



3) Tunggu sampai proses ini selesai, tampilan berikutnya.



4) kemudian muncul layar Window XP Professional setup, dilayar ini anda akan dihadapkan pada pilihan :
o To setup window xp press ENTER.
o To repair winows xp installing using recovery press R
o To quit setup press F3
o Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih yang teratas kemudian tekan ENTER
5) Selanjutnya anda dihadapkan pada layar window xp licencing agreement, dan apabila anda menyetujuinya maka tekan F8.



6) Selanjutnya, akan di tampilkan semua kapasitas Harddisk Anda berikut ini.Dan kita harus membuat partisi harddisk, pada tampilan seperti berikut ini



7) Selanjutnya kita tekan C (create partition) untuk membuat partisi dan kita akan di hadapkan pada tampilan seperti berikut ini



8) Tuliskan besarnya ukuran partisi yang kita inginkan pada “Creat Partition of size” ingat windows xp memerlukan free space minimal 1.5 GB langkahnya selanjutnya sama, Maka tekan ENTER. Buatlah partisi hardisk sesuai dengan kebutuhan.



9) Setelah anda membuat partisi pada hardisk anda, maka kita tentukan drive yang hendak kita pakai untuk tempat instalasi windows XP, biasanya kita letakkan pada drive C, maka arahkan ke drive C dan tekan ENTER, berikutnya.
10) Selanjutnya anda akan di hadapkan pada pilihan format partisi hardisk, secara default Windows XP menggunakan format NTFS sebagai format partisinya, tetapi anda bisa mengubahnya ke dalam format FAT apabila anda menghendakinya, selanjutnya kita biarkan secar default dan tekan ENTER.Setelah kita tekan ENTER maka proses format akan berjalan, tunggulah proses format tersebut sampai selesai..





11) Setelah kita tekan ENTER maka proses format dan proses copying file-file windows akan berjalan, tunggulah sampai proses format dan proses copying file-file windows tersebut sampai selesai..



12) Konfirmasi untuk merestart komputer, anda bisa menunggunya atau anda langsung tekan ENTER. Dan Setelah restart maka akan muncul layar loading Windows XP Professional, dan akan membawa kita ke proses instalasi



13) Selanjutnya, setelah Komputer merestar tampilan selanjutnya yaitu, Di tampilan berikut ini ada kata “press any key to boot from CD” itu perintah untuk mengulang lagi ke windows setup lagi jangan tekan Enter, biarkan saja dan tunggu sampail muncul layar loading Windows XP Professional.





14) Setelah proses Pra instalasi pada bagian 1 maka sekarang kita akan masuk ke dalam tahapan selanjutnya yaitu proses instalasi Windows XP dan Finishing Instalation. Untuk lebih memperjelas proses Instaling dan Finishing maka kita langsung simak saja langkah-langkah berikut ini.
15) Setelah proses instal bagian 1 telah selesai dengan baik, maka kita akan dihadapkan pada tampilan sebagai berikut



16) Tahapan pertama instalasi windows, kita akan menunggu selama 39 Menit untuk menginstal Windows XP.
17) Selama proses Instalasi Windows berjalan, maka kita dapat duduk menunggu dan rileks sampai tampilan berikutnya.
18) Pada menit ke 33 kita akan di hadapkan pada Regional and Language Option, maka kita pilih NEXT saja



19) Setelah kita menekan tombol NEXT maka pada tampilan seperti dibawah, isilah Nama dn Organisasi sesuai dengan keinginan anda kemudian pilih NEXT.



20) Setelah itu masukan serial number nya yaitu G32DV-WQGCP-KD748-V6TGG-82CB6



21) Kemudian muncul screen Computer Name and Administration Password, maka isilah Coputer Name sesuai dengan keinginan anda, untuk administration password boleh ana isi boleh juga tidak ansa isi, kemudian tekan NEXT.



22) Muncul lagi screen Date and Time Setting, sesuaikan hari, tanggal, bulan dan tahun sekarang, secara default biasanya untuk pengaturan Date & Time sudah sesuai dengan waktu kita menginstal, yang perlu kita cermati adalah pada Time Zone kita harus mengubahnya menjadi Bangkok, Hanoi, Jakarta karena kita tinggal di wilayah Indonesia. Apabila kita salah melakukan penyetingan pada bagian ini maka kita dapat mengubahnya setelah proses instalasi Windows XP selesai, kita mengubahnya lewat Control Panel Windows XP.
Setelah semuanya di isi maka tekan NEXT.



23) Proses Instalasi Windows XP akan dilanjutkan



24) Selanjutnya akan muncul screen Networking Settings, pilih Typical Settings dan tekan NEXT.



25) Setelah itu pilih no, biarkan depault lalau klik next



26) Proses Instalasi Windows XP akan di lanjutkan dan kita dapat menunggunya dengan santai.



27) Proses Instalasi akan berjalan terus sampai pada menit ke 1 dan komputer akan melakuka restart.



28) Setelah komputer restart maka instalasi Windows XP sudah selesai dan Windows XP akan melakukan Booting untuk pertama kalinya. Setelah itu tunggu sampai proses Booting



29) Kemudian klik Next maka tampilan berikutnya



30) Selanjutnya di tampilan berikut ini, untuk bantuan melindungi PC anda (personal computer) pilih saja Not right now (tidak segera)



31) Kemudian pilih Skip, untuk melewati tahapan pemeriksaan ke internet.



32) Setelah itu untuk register pilih No, not at this time agar registrasi nya bukan pada waktu ini.



33) Selanjutnya, siapa yang akan menggunakan Komputer ini. Kemudia beri nama pada Your Name saja.



34) Setelah itu proses instalasi WIN XP PROFESIONAL telah selesai



35) Alhamdullilah proses instalasi Windows XP nya sudah selesai. Berikut ini tampilan Dekstop Windows Xp Sp 2.




Sumber : http://thetmz.blogspot.com/2009/06/langkah-langkah-instalasi-windows-xp-sp.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan