Sabtu, 18 September 2010

Tips Agar CD / DVD Tidak Cepat Rusak

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CD (Compact Disc), maupun DVD (Digital Versatile Disc). 2 Hal tersebut tentu dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyimpan file, gambar, lagu, games maupun video di dalamnya. Agar CD/DVD dapat digunakan dalam waktu yang lama, ada beberapa tipsnya berikut ini:


1. Pada saat mengisi data di CD/DVD, jangan terlalu penuh, sisakan beberapa MB.

2. Pilihlah warna CD/DVD yang berwarna perak (silver) atau keemasan, ini lebih mudah dibaca (read) oleh CD/DVD ROOM, daripada warna yang merah ataupun hitam. Ini mempengaruhi CD/DVD tersebut saat dibaca.

3. Saat melakukan burn, jangan gunakan kecepatan maksimal sesuai pada CD/DVD maupun pada aplikasi untuk burning. Gunakan kecepatan maksimal untuk CD = 16x, sedangkan untuk DVD = 8x saja, akan lebih aman dan awet jika di bawah kecepatan tersebut.

4. Simpan CD/DVD dalam tempat khusus yang kering dan tidak terkena cahaya matahari. Udara lembab dan cahaya matahari langsung dapat merusak CD/DVD yang disimpan.

5. Pada saat membersihkan, gunakan pembersih CD/DVD dan gunakan kain halus untuk membersihkannya.

Semoga berguna dan bermanfaat

SUmber : [LNK='http://www.wastunet.com']http://www.wastunet.com[/LNK]

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

bagus artikelnya thanks infonya juga ka ini aku mau reccomend tentang HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER aku reccomed banget nih buat yang bingung cari penginapan di daerah bandung ..

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan