Senin, 14 Februari 2011

Bedanya Procesor 32bit dan 64bit

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah prosesor 32bit dan 64bit. Ini merupakan teknologi kecepatan pemrosesan data pada procesor. Coba lihat ilustrasi grambar dibawah ini :





Dari gambar diatas kita bisa simpulkan bahwa untuk prosesor dengan teknologi 64bit jalur data, program control dan registernya lebih besar, sehingga prosesor bisa mengeksekusi perintah lebih banyak dan menerima serta mentransfer data olahannya lebih cepat dikarenakan jalur datanya lebih besar, sehingga dapat dipastikan komputer dengan mengunakan teknologi prosesor 64bit lebih cepat dari pada 32bit.


Untuk memaksimalkan kinerja procesor tersebut OS dan Aplikasinya juga harus mendukung teknologi 64bit, sehingga pemrosesan dan pengolahan datanya lebih cepat. Contoh jika motor balap berjalan di jalan yang sempit pastinya kecepatannya akan berkurang bahkan sama dengan motor nonbalap. Lain hal, motor balap akan berjalan lebih kencang dan maksimal jika berjalan di jalan yang lebar tanpa hambatan, sedangkan motor nonbalap akan berjalan cepat tetapi lebih lambat dari motor balap. Istilah tersebut saya istilahkan Motor Balap = OS/Aplikasi 64bit, Motor nonbalap = OS/Aplikasi 32bit, jalur jalan lebar = procesor 64bit, dan jalur sempit = procesor 32bit.

Procesor 64bit tidak akan bisa bekerja maksimal jika OS/Aplikasi yang diinstall masih berteknologi 32bit, jadi efeknya akan mempengaruhi kecepatan proses data sehingga kecepatan proses datanya akan sama dengan procesor 32bit. Sedangkan procesor 64bit akan bekerja secara maksimal jika OS/Aplikasi yang diinstall mendukung teknologi 64bit, procesor tersebut akan bekerja 2x lebih cepat dari kecepatan procesor 32bit.

Untuk informasi fisik teknologi procesor bisa dilihat pada gambar dibawah ini :



Jika menggunakan Software







Semoga penjelasan dan gambaran tersebut bermanfaat.

Sumber gambar ilustrasi : http://arstechnica.com/old/content/2008/09/x86-64.ars

Sumber artikel : Pemikiran penulis dari informasi yang didapat dari berbagai mancam sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan