Sabtu, 19 Februari 2011

Cara Mengatasi Bluescreen pada PC


ruangberkas.com_imagesBluescreen disebut juga Bluescreen Of Death (BSOD) adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan sistem operasi windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh windows). Beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini, diantaranya driver suatu hardware yang tidak bagus, kesalahan penulisan memori RAM, system crash pada registry windows atau penggunaan file Dll yang tidak cocok.


Pada sebuah PC, berbeda dengan laptop atau notebook, anda dapat dengan mudah melakukan analisa terhadap perubahan terbaru terhadap PC anda, terutama pada hardware. Sayangnya, pada user yang menggunakan laptop hal itu sangatlah sulit untuk dilakukan, selain masih dalam garansi toko, tidak semua orang dapat dengan mudah memahami hardware-hardware di dalam laptop.

Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi Bluescreen tersebut :

* pastikan terlebih dahulu menu safe mode anda tidak mengalami crash, Untuk berada pada safe mode, pada saat booting awal tekan F5 terus menerus, lalu pilih safe mode pada option yang tampil, pada awal tampilan, anda akan ditanya apakah perlu untuk mengaktifkan menu system restore, pilih No untuk mengaktifkan system restore.

Lakukan restore pada windows anda, caranya :

* Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore.
* Pilih restore point yang paling dekat. Jika anda tidak ingin menggunakan system restore pada windows.

Selain cara diatas, cara yang paling tepat adalah dengan meng-disable kan driver hardware anda yang terbaru, cara pertama adalah

* tekan Windows + Pause Break secara bersamaan untuk menampilkan system properties windows anda.
* pilih tab hardware, pilih device manager untuk menampilkan device manager.
* Non aktifkan driver hardware yang anda pasang sebelum terjadinya Bluescreen atau lakukan rollback driver untuk mengembalikan ke driver sebelumnya.

Nah, selamat mencoba.

Sumber : http://ictfiles.com/berita/E-tips

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

bagus artikelnya thanks infonya juga ka ini aku mau reccomend tentang HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan