Sabtu, 09 Oktober 2010

Kerja Lembur Berbahaya Bagi Jantung

Kerja lembur bisa membahayakan jantung anda. Studi yang dilakukan atas 6.000 pegawai kantoran di Inggris selama satu dekade menunjukkan kerja lembur tiga jam per hari meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 60 persen. Selain penyakit jantung, bahaya yang ikut terdongkrak adalah penyakit arteri koroner dan kematian karena gangguan pada jantung. Risiko ini makin jelas jika pekerja memiliki faktor lain seperti merokok, obesitas, dan kolesterol tinggi.


Marianna Virtanen, PhD dari Finnish Institute of Occupational Health and the University College London, mengatakan bekerja lembur dikaitkan perilaku agresi, permusuhan, daya saing, tekanan psikologis, dan masalah tidur.

"Keseimbangan antara kerja, waktu luang, dan keluarga mungkin lebih penting bagi jantung ," kata pemimpin penelitian ini. Penelitian ini dipublikasikan secara online di European Heart Journal. Penelitian ini dibiayai British Heart Foundation dan U.S. National Institutes of Health.

Penelitian ini dimulai pertengahan 1980-an. Data mengenai jam kerja diteliti dimulai pada awal 1990-an. Saat awal penelitian, usia pekerja pada rentang akhir 30-an dan awal 60-an. Mereka diikuti selama rata-rata 11,2 tahun untuk analisis soal kerja lembur. Hasilnya, ada 369 kejadian serangan jantung, arteri koroner atau kematian karena masalah jantung.

Lembur satu atau dua jam dianggap normal untuk satu hari kerja di Inggris. Dampak terhadap kesehatan jantung juga kecil. Namun kerja 10 jam sehari menaikkan risiko penyakit jantung hingga 60 persen.

Virtanen mengatakan temuan itu masih perlu ditindaklanjuti. "Kita juga perlu penelitian lebih lanjut termasuk kaitannya dengan diabetes tipe 2," katanya. Virtanen mengatakan tidak jelas apakah temuan berlaku untuk pekerja kasar, yang memiliki cara kerja yang berbeda dengan orang kantoran.

Sumber : http://tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/05/16/brk,20100516-248093,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan