Rabu, 06 Oktober 2010

Makanan Sehari-hari Yang Membuat Badan Sehat Dan Mengurangi Bau Mulut

Makanan apasaja diantaranya :

1. Wijen
Mengunyah wijen memiliki efek pembersihan terhadap plak gigi dan merangsang pembentukan email gigi. Wijen kaya mineral kalsium, yang membantu melindungi tulang sekitar gigi dan gusi. Taburkan wijen sangrai dalam sup, salad, tumisan, bahkan kolak. Tak soal apakah itu wijen putih atau wijen hitam. Hanya saja, wijen hitam lebih kaya senyawa mineral mikro, terutama seng dan mangan, yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan jaringan kolagen gusi.


2. Jambu biji
Setiap hari tubuh kita memerlukan 50-60 mg vitamin C. Dengan menyantap satu buah jambu biji ukuran sedang, kecukupan tersebut sudah dapat dipenuhi. Sebab satu buah jambu biji ukuran sedang (berat 200 g) mengandung 190-285 mg vitamin C. Jumlah vitamin C yang terdapat dalam sebuah jambu biji ini cukup berlimpah untuk memenuhi kecukupan sehari.
Mengkonsumsi cukup vitamin C membantu menjaga kesehatan jaringan kolagen pada gusi. Jika kita kekurangan vitamin C, jaringan kolagen gusi mudah rusak, sehingga gusi menjadi lunak dan mudah ditembus bakteri penyebab penyakit gusi. Gusi berdarah dan radang gusi termasuk salah satu gejala defisiensi vitamin C.

3. Keju
Kandungan karbohidratnya rendah, tapi berlimpah kalsium dan fosfor. Komposisi nutrisi seperti ini menjadikan keju mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab keropos gigi, dengan cara menjaga keseimbangan keasaman (pH) mulut. Keju juga menjaga keutuhan email gigi, bahkan membantu pembentukannya kembali. Dengan makan keju, mulut memproduksi lebih banyak air liur, yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

4. Seledri
Menikmati seledri mentah melindungi mulut dengan dua cara. Pertama, mengunyah seledri menghasilkan banyak air liur, yang membantu melumpuhkan aktivitas bakteri Streptococcus mutans penyebab gigi keropos. Kedua, selama kita mengunyah seledri, kandungan seratnya yang tinggi memiliki efek memijat gusi dan membersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi.

Lebih dari itu, mengunyah seledri dapat menyegarkan aroma mulut. Karena itu, makan seledri mentah sangat dianjurkan setelah kita menyantap makanan yang meninggalkan bau tajam di mulut.

4. Daging dan telur
Daging mengandung fosfor dan kalsium yang sangat penting dalam perkembangan tulang dan gigi sehat. Produk hewan seperti kalkun, ayam, daging sapi dan telur bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi, hindari konsumsi daging berlebih. Konsumsi berlebih justru buruk bagi kesehatan.

5. Susu dan yogurt
Kedua makanan ini juga kaya akan kalsium. Di samping itu, susu dan yogurt mempunyai tingkat keasaman dan kandungan gula rendah. Kedua faktor ini mencegah kerusakan gigi.

6. Wortel
Makanan kegemaran kelinci ini ternyata dapat meningkatkan produksi saliva yang pada akhirnya akan mencuci mulut, mengurangi germ dan bakteri. Menurut Georgiana Donadio, DC, PhD, ahli gizi dan pendiri National Institute of Whole Health, wortel juga bermanfaat mencegah bakteri yang menyerang gigi. Konsumsi wortel mini (baby carrot) setiap hari akan membantu gigi untuk membilas sisa-sisa makanan dan bekteri yang terjebak dalam gigi.

7. Limau, Jeruk Limun, dan Jeruk
Vitamin dosis tinggi yang terdapat dalam buah sitrus efektif membunuh bakteri yang terbentuk oleh gula, pecahan makanan dan plak yang tertinggal di gigi. Vitamin di dalam sitrus juga mendukung fungsi kolagen yang sehat di dalam gusi dan mencegah munculnya sakit gigi. Tapi siapa yang meninginginkan jeruk sebagai snak? Tentu saja Anda bisa memerasnya dan minum segelas besar jus jeruk setiap hari agar gigi sehat.

8. Buah Anggur
Para ilmuwan menemukan bahwa buah anggur meningkatkan kadar darah dan kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Dental Journal, mengungkap, konsumsi dua buah anggur sehari akan menyelamatkan gigi Anda dari perdarahan gusi.

Sumber : http://suaramedia.com/gaya-hidup/makanan/23684-14-makanan-ini-bikin-lebih-mudah-tertawa.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan