Minggu, 05 Desember 2010

Cara Ikut Sidang Bagai Mana Seharusnya Mengambil SIM yang Ditilang

OK deh gan, ini fr gue saat sidang lalu lintas kemarin. hari jumat pagi gue datangin PN jakarta selatan tempat di mana gue disidang sekaligus bayar denda dan ngambil SIMnya. seperti biasa, calo banyak betebaran di sini tapi berhubung gue pengen tau jalannya sidang jadi gue gak make calo. ntar mungkin gue tambahin cerita-cerita yang
beredar tentang calo nanti, well actually you all already know though.

di PN itu sidang dibedakan antara kita yang kena tilang ama polda atau ama polres, gue kena ama polda di sini, jadi gue pergi ke arah tempat pengumpulan berkas bukti tilang polda. tempat pengumpulan pun ada dua di sini, yang kayaknya dibedakan dari nomor surat tilang yang didapat. gue sempet salah masukin dan akhirnya gue pindah ke tempat satunya untuk masukin berkas.


setelah masukin berkas, gue cuman ngobrol ama kanan-kiri aja, sama kayak ratusan orang lainnya yang mungkin sama gak ngertinya kayak gue nunggu di tempat masukin berkas itu. alih punya alih, tanpa petunjuk yang jelas sebenarnya setelah masukin berkas kita bisa nunggu di luar ruangan sidang. setelah hakim datang, kita semua berdiri dan menyanyikan lagu indonesia raya bersama-sama, halah gak deng, hal itu gak berlaku di sidang ini. dan sidang pun dimulai.

di sini nama kita mulai disebutin satu persatu, ya satu persatu, jadi silakan tingkatkan kesabaran kalian di sini bagi yang kurang sabar ya. alhamdulillah nama gue termasuk cepet dipanggil di sini. oia, yang manggilin nama-nama orang di sidang ini waktu itu pake celana bola, kaos ama sendal jepit aja, kagak ada resmi-resminya padahal jelas-jelas di ruangan itu ada kewajiban untuk memakai baju yang sopan. well, mungkin itu termasuk sopan kali ya.

hakim di sini nentuin denda yang harus kita bayar setelah tau permasalahannya. tawar-menawar nilai denda di sidang ini ternyata gak bisa dilakukan. sebab pernah gue baca kita bisa nawar ama hakim dan disetujui nilai tawarnya. dan kalo tetep nawar, yakin bin pasti loe bakal kena sorak sorai ama yang lain.. hahaha..

gue didenda 80ribu karena lupa nyalain lampu besar saat malam mingguan dan kita disuruh nunggu di tempat pembayaran. di sini pun jangan sangka kita bisa langsung enak. setelah berjubelan di ruangan sidang yang nama kita cuman dipanggil dengan modal teriakan mulut doang, di tempat pembayaran pun sama, kudu berjubelan di deket orang yang teriakin nama kita biar kedengaran dan gak kelewat namanya. ada baiknya siapin duit pas di sini dan tambahan 500 rupiah untuk biaya sidang. jadi gue siapin 80500 di tangan dan siap dituker ama sim
ketika nama gue dipanggil. CATATAN: kalo gak ada duit 500, ada dua pilihan yang bisa diambil, either loe bayar senilai denda doang atau tambahin gope lagi jadi bayarnya tambahin seribu diluar nilai denda loe.. catatan yang gak jelas ya?

total waktu tiga jam total yang diperluin buat gue sampe semuanya selesai, well tergantung nasib juga sih. bisa juga nama loe dipanggil setelah solat jumat. jadi banyakin berdoa aja dulu sebelum sidang ya.. hehe.. berangkat dari rumah jam 7.15 sampe PN 8.00. naruh berkas, terus nunggu sidang dimulai ampe jam 8.45. nama gue dipanggil jam 9.15an. sidang di tempat 3 menit-an. terus nunggu di tempat pembayaran selama 45 menit. jadi 10 pagi gue udah dapat SIM gue di tangan. alhamdulillah.

FYI: sidang hanya dilakukan hari jumat dan biasanya proses mulai dari ditilang ampe sidang makan waktu 2 minggu. soalnya gue sempet nawar supaya disidang di hari lain.. hahaha.. secara sebenarnya jumat kemarin itu jadwal gue cuti dan gue malas ngurus sidang.. haha.. dan ternyata gak bisa.. hahaha.. plaaakk..

sebenarnya sih secara total waktu (kalo max tiga-empat jam ya) gue masih gak keberatan untuk ngikutin sidang, dan ke depannya kayaknya gue tetep bakal milih sidang aja daripada harus nyogok. lagian polisinya minta disogok sebesar 150ribu waktu itu dari nilai denda yang tercantum di UU sebesar 250ribu.

OK, sekarang beberapa yang gue tau tentang calo sidang ini:

- dia hanya minta uang rokok, mungkin hanya sebesar 10-20 ribu aja. tapi waspada, mungkin aja gak segitu sebenarnya. gue sempet liat ada orang, suspect gue calo karena bawa banyak berkas gitu, dan dia minta
bukti pembayaran yang semuanya ditulis 150ribu, padahal bisa aja nilai dendanya cuman 40 ribu. seinget gue kemarin pas ngantri nilai dendanya gak ada yang lebih besar dari 100ribu deh. jadi itung sendiri uang rokok yang harus diberikan, tentunya setelah melihat loe melihat "bukti pembayaran" nilai loe didenda.

- gak lebih untung secara waktu. kenapa? karena sebenarnya mereka juga ngantri ampe prosesnya selesai. emang sih loe bisa lebih santai, gak sumpek-sumpekan, gak keringatan dan harus nyium bau ketek orang tapi
loe harus nunggu ampe selesai solat jumat baru loe bisa ambil SIM loe.

- untung ruginya loe nilai sendiri aja gimana ya kalo pake calo.

ini FRnya ya gan, semoga bermanfaat. di sana gue sendiri sempat keteteran karena gak ada gambar alur sidang yang bener kayak gimana, jadi cuman bekal tanya kanan-kiri aja. mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber : Milis 3**71@yahoogroups.com, dikirim oleh dHiMaz ,.ST

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html dan adapun pencarian keyword yang tersedia seperti "Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan