Jumat, 31 Desember 2010

Pendapat Madu Merupakan Racun Bagi Bayi yang Belum Setahun


 ruangberkas.com_imagesMadu memang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang, seperti penambah stamina atau dipercaya memiliki sifat antimikroba. Namun hal ini sepertinya tidak berlaku pada bayi yang belum genap berusia 1 tahun. Dengan memberikan madu kepada bayi di bawah usia 1 tahun, dapat beresiko botulisme yaitu salah satu jenis keracunan yang dapat menyebabkan kematian.

Hal ini disebabkan spora dari bakteri Clostridium botulinum yang ditemukan dalam madu alami, ketika madu tersebut masuk ke dalam tubuh dan dicerna oleh bayi maka spora dari bakteri ini akan melepaskan toksin yang dapat menyebabkan botulisme.

Spora botulinum secara luas ditemukan pada beberapa pemanis lain seperti sirup maple dan sirup jagung, namun lebih cenderung berada di dalam madu. Karena itu, orangtua harus memastikan kandungan yang terdapat di dalam makanan bayi tersebut, terutama yang belum di pasteurisasi (diolah dengan cara pemanasan).

Memang bayi memiliki resiko lebih besar pada enam bulan pertama kehidupannya. Pada usia satu tahun ke atas, saat sistem pencernaannya sudah cukup matang, maka bakteri tersebut tidak dapat tumbuh di dalam tubuh. Namun, sebagai orangtua, sebaiknya Anda menjaga kebersihan dan mengelola makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi dengan teliti.

Umumnya, tanda-tanda dari botulisme pada bayi yaitu :

Diawali dengan sembelit atau susah buang air besar
Mengalami kelemahan otot akibat adanya kerusakan sistem saraf
Bayi akan menangis dan lama kelamaan akan menjadi lebih lemah
Bayi akan mengalami kesulitan makan dan menelan
Bayi akan menjadi lesu

Sumber : http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/69/news/100526151525/limit/0/Madu-Itu-Racun-Bagi-Bayi-yang-Belum-Setahun.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan