Senin, 06 Desember 2010

Rahasia Agar Rambut Bebas Ketombe

Memiliki masalah ketombe memang hal yang menjengkelkan. Rasa gatal di kulit kepala selalu saja mengganggu. Belum lagi ‘serbuk putih’ yang bertebaran di sela rambut sangat memalukan dan merusak kepercayaan diri. Banyak sampo antiketombe ditawarkan, tapi sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda mengetahui fakta tentang ketombe.

Ketombe disebabkan oleh jamur yang sangat kecil atau dikenal dengan nama malassezia. Bakteri ini sebenarnya hidup di setiap kulit kepala. Makanan dari bakteri ini adalah minyak dan kulit kepala yang telah mati. Sebenarnya, minyak dan kulit kepala yang telah mati ini akan hilang saat Anda keramas.


Tetapi, di beberapa kondisi bakteri tersebut tumbuh secara berlebihan. Bakteri tersebut membuat kulit kepala Anda menjadi iritasi. Rasanya menjadi sangat gatal bahkan kulit kepala menjadi merah. Penyebab umum ketombe ada lima hal, yaitu:

- Faktor genetik. Jika ayah atau ibu Anda juga berketombe, Anda juga memiliki kemungkinan besar mengalami masalah ketombe.

- Jenis kelamin. Masalah ketombe lebih banyak terjadi pada kaum pria karena hormon tubuh pria membuat produksi minyak pada kulit atau sebum lebih banyak.

- Kulit kepala berminyak. Kondisi kulit kepala yang berminyak akan memicu pertumbuhan ketombe. Bakteri malassezia sangat menyukai kulit kepala yang berminyak.

- Suhu panas. Saat berada di tempat yang panas kulit kepala Anda akan cenderung berkeringat dan berminyak. Hal itu bisa memicu tumbuhnya ketombe.

- Stres dan ketidakseimbangan hormon. Faktor psikologis biasanya akan berpengaruh pada produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe.

Menurut seorang ahli kulit, Zoe Draelos, M.D, ketombe sebenarnya bisa dengan mudah dihilangkan dengan sampo yang mengandung zat antiketombe. Tidak semua sampo antiketombe cocok untuk rambut dan kulit kepala Anda. Pilih yang tidak merusak rambut dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi kulit kepala.

Perawatan apa saja yang harus dilakukan untuk mengusir ketobe? Simak tips berikut ini.

- Hindari produk rambut yang bisa membuat kulit kepala lembab misalnya minyak rambut, gel rambut, dan sebagainya.

- Konsumsilah makanan sehat dengan kandungan zinc dan vitamin B1 yang bisa menyehatkan kulit kepala dan mencegah terjadinya ketombe. Makanan yang mengandung zinc dan vitamin B1 antara lain daging sapi, domba, kalkun, salmon, tiram, kepiting, dan beras merah.

- Atasi stres Anda. Jika Anda bebas stres, kulit kepala pun bebas ketombe.

- Sedikit mandi matahari pagi bisa membuat kulit kepala lebih sehat. Lakukan setiap pagi saat udara masih segar.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/viva/20100720/tls-rahasia-agar-rambut-bebas-ketombe-34dae5e.html

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html dan adapun pencarian keyword yang tersedia seperti "Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan