Rabu, 03 November 2010

Mencegah Virus Memblock Regedit dan Taskmgr

Pernahkah anda ingin mengedit registry (regedit) atau men-setting msconfig tetapi aplikasi tersebut ketika dijalankan terkunci/terblock sehingga alpikasi tersebut tidak bisa muncul, yang muncul malahan message box yang kira-kira artinya “Aplikasi yang dijalankan sudah didisable oleh Administrator”, padahal anda tidak pernah merubah-rubah setingan aplikasi tersebut. Kalo sudah begitu kemungkinan komputer anda sudah teresang virus. Virus ini biasanya aktif pada saat komputer hidup, dan virus tersebut biasanya ada di registry : HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun. Untuk menghilangkannya pada alamat registry tersebut dengan cara delete list string yang dianggap virus atau bisa dihilangkan dengan mensetting di msconfig ( Start > Run > msconfig ) pada tab Startup, uncheck / hilangkan tanda check list pada baris yang dianggap virus, kemudian restart komputer tersebut.


Sekarang gimana bisa mendelete baris tersebut sedangkan regedit-nya saja diblock. Oke gimana caranya untuk mengembalikan regedit tersebut aktif kembali? trik tersebut sudah saya bahas di artikel sebelumnya, silahkan cari menggunakan tools pencarian artikel dengan judul “ Regedit Tidak Bisa Dibuka...??? “ dan “Taskmgr (Task Manager) Tidak bisa dibuka karena virus ???”.

Jika kedua trik tersebut sudah dikerjakan maka regedit komputer anda sudah bisa terbuka lagi. Nah sekarang bagaimana caranya untuk mencegah si virus yang berkarakter sama tidak memblock regedit lagi, ikuti langkah berikut :

1.Aktifkan aplikasi regedit (Start > Run > Regedit)
2.Lanjutkan ke alamat : HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPolicies (untuk membukanya klik tanda plus [+] disebelah kiri folder-keynya)
3.Lihat diposisi bawah folder key policies ada tidak folder-key System?
4.Jika tidak ada buat dulu dengan mengklik kanan folder-key Policies pilih New > key, setelah muncul folder-key baru berinama “System”. Jika folder tersebut sudah ada maka lanjutkan langkah selanjutnya
5.Klik kanan folder-key System pilih Permissions... nanti akan muncul jendela Permission for System pada bagian Group or User Name pilih Administrators kemudian pada bagian Permissions for Administrators beri tanda check list Full Control dan Read, kemudian klik tombol Ok. Jika muncul message box Scurity klik tombol Yes.

Dengan demikian virus tidak dapat menulis apapun didalamnya, dan komputer anda aman.

Sumber : Pengalaman pribadi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan