Senin, 01 November 2010

Cara Rimba Untuk Mendeteksi Problem Komputer Tidak Mau Menyala

Problem komputer sangat banyak, bisa karena perangkat komputer yang bermasalah, bisa karena listri (power supply), bisa karena penyakit lain...

Nah sekarang bagaimana caranya untuk mendeteksi permasalahn komputer jika komputer pertama kali dihidupkan tidak maunyala atau ditak mau tampil apa-apa ada monitor sedangkan mesin komputer menyala. Jika demikian kita bisa coba dengan cara RIMBA, lakukan tindakan sebagai berikut :

* Lepas semua komponen/perangkat yang tertancap dimobo (RAM, KABEL HDD, CDROM, DLL), kecuali prosesor dan kabel power. langkah selanjutnya :

1. Sudah tercabut semua coba nyalahkan apakah ada bunyi beeb panjang yang menandakan RAM tidak tertancap? jika ya matikan komputer dan tancap RAM, kemudian nyalahkan lagi apakah masih bunyi atau sudah tidak bunyi? jika tidak bunyi dan tampilan dimonitor nongol berarti RAM ok. dan bisa lanjutkan ke langkah 3.

2. Jika kondisi semua perangkat dilepas dan tidak muncul bunyi apa-apa kemungkinan penyakit ada di prosesor atau mobo. (ya mau tidak mau anda beli dah tuh sepasang perangkat tersebut mobo+prosesor). Tapi sebelum memfonisnya, coba cabut RAMnya lagi dan baterai CMOS/BIOS atau Clear CMOS dengan kondisi listrik tidak tertancap ke komputer, diamkan selama beberapa menit (1-2mt cukup), kemudian pasang lagi RAM dan Baterainya dan nyalahkan. Jika nyala anda bisa lanjutkan langkah 3. jika tidak ya wasalam deh.... :(

3. Tancapkan perangkat yang lain dan nyalahkan komputer kemudian lakukan pendeteksian untuk melacak penyakitnya ada dimana...? langkah ini bisa dilakukan untuk perangkat lain berikutnya yang mau dipasang.

4. Lakukan langkah 3. sampai benar-benar Komputer Jalan Normal.

Info Lain :
Jika ada bunyi Beeb panjang 1, dan pendek 2 dan monitor tidak ada tampilan (biasanya tanda beep seperti ini ada di type AMI BIOS) kemungkinan masalah ada pada VGA .

Yang perlu diingat dan diperhatikan masalah bunyi beep.... apakah sebelumnya bunyi beep dikomputer anda menyalah ketika komputer anda sehat? jika tidak juga agak susah untuk mendeteksi kesalahan dengan cara mendengarkan bunyi beep.

Cara diatas hanya bisa dilakukan jika komputer anda ada fasilitas Sound Detection Rrror (bunyi beep).

Lain type BIOS lain juga cara penandaan kode beep-nya.

Semoga membantu dan bermanfaat...

Sumber : Pengalaman pribadi

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan