Senin, 01 November 2010

Ciri-ciri Umum Virus Menjangkit Komputer / Laptop


 ruangberkas.com_imagesVirus komputer selalu menjadi sesuatu yang paling menakutkan bagi semua pengguna komputer adapun cara mengatasinya bermacam-macam, dengan banyaknya AV yang beredar sekarang ini, kita tentunya bingung untuk memilih atau menggunakan AV yang manakah untuk melindungi komputer kita.

Sebenarnya menurut saya tidak ada antivirus yang melindungi komputer 100% aman oleh ancaman virus. Karena perlu saya tekankan kepada agan-agan sekalian. AV tidak ada jika tidak ada virus. AV tidak akan laku jika tidak ada virus. Jadi menurut saya yang membuat/creator virus di dunia/khususnya di Indonesia adalah -mungkin- segabian juga dari vendor pembuat antivirus tersebut tentu agan sekalian sudah mengerti maksud dari dan tujuannya. Jadi oleh karena itu, sesuai dengan pengalaman Saya, apa bedanya komputer yang baru kita beli dan komputer yang udah sekitar 1 tahun kita pakai?, tentunya terjadi banyak perbedaannya, termasuk didalamnya sistem kecepatan dan efisiensi kerjanya. PC yang baru kita beli/install tentu mempunyai kecepatan yang super cepat dalam membuka folder atau klik sana klik sini. Sangat berbeda dengan PC yang sudah setahun dipakai, sangat terasa lambatnya dalam klik ataupun buka software, juga kinerjanya terasa beda.

Nah sekarang bagai mana jika komputer tersebut kinerjanya melambat yang disebabkan oleh virus?

Berikut adalah gejala-gejala komputer yang terinfeksi virus

1. Komputernya lelet banget jalannya seperti zombie.
2. Tiba-tiba diam tanpa aba aba dan tidak ada respon.
3. Blue screen atau crash dan kemudian restart.
4. CDROM, Harddisk, Floopy dan USB drive tidak bisa diakses
5. Tampilan user interface berubah
6. Alat input seperti keyboard atau mouse tidak bisa di kontrol
7. waktu booting memakan waktu yang sangat lama..terutama pada
Loading logo os win*ows
8. logo folder/file dan nama file berubah nama dan jenis
9. dan masih banyak lagi ciri-ciri lain yang ditimbulkan virus, tergantung dari virus baru tersebut, teknologi makin canggih dan orang pintar komputer dan programing makin mantap, makin aneh lagi nantinya karakter yang ditimbulkan oleh virus tersebut.

Mudah-mudahan bagi anda yang baru tau komputer, baru masuk kedunia komputer, baru juga punya dan memakai komputer sudah mengetahui ciri-ciri umum komputer yang terinfeksi virus. Tapi yang perlu diingat terkadang sebagian dari ciri-ciri diatas juga bisa disebabkan karena perangkat komputer yang sudah melemah, hampir rusak atau mahkan sudah rusak, seperti :

1. Tiba-tiba diam tanpa aba aba dan tidak ada respon.
2. Blue screen atau crash dan kemudian restart.
3. CDROM, Harddisk, Floopy dan USB drive tidak bisa diakses
4. Alat input seperti keyboard atau mouse tidak bisa di kontrol
5. dan masih manyak lagi.

semoga informasi tersebut bisa membantu para pemula pengguna komputer yang haus akan ilmu komputer.

Sebagian sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4887916
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan