Sabtu, 20 November 2010

Virus Amis : Menyamar Sebagai File Mp3


 ruangberkas.com_images Amis. Tipuan dengan teknik social engineering masih menjadi senjata ampuh malware agar pengguna menjalankannya, sebagaimana yang dilakukan oleh worm ini. Dengan icon menyerupai aplikasi Winamp dan membuat file tampak memiliki ekstensi *.mp3, sekilas file worm tersebut merupakan file mp3 biasa yang siap untuk didengarkan. Tetapi jika pengguna cukup waspada, file worm ini mudah dikenali dari type, size, maupun tampilan property yang tampak saat cursor mouse diarahkan pada file tersebut (seperti pada gambar).Worm ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, berukuran sekitar 22 KB dalam keadaan di-pack. Saat aktif, ia akan menutup aplikasi-aplikasi yang memiliki caption antara lain:
- pcmav
- process
- master
- utility
- hijack
- patrol
- firewall
- detect

Untuk melindungi dirinya, worm juga men-disable Command Prompt, Regedit, Folder Options, dan menyembunyikan ekstensi file. Worm juga memanipulasi registry agar saat pengguna mengakses msconfig.exe, yang keluar justru aplikasi notepad.exe.

Worm akan meniru nama file setiap file *.mp3 yang ditemukan, dan membuat duplikasi worm seolah-olah file mp3 untuk menjebak pengguna. Untungnya, mp3 asli tidak dihapus oleh worm ini. Worm juga menciptakan file VBScript dengan nama menol.vbs yang terpasang pada Start – All programs – Startup yang berfungsi untuk mengaktifkan file-file induk worm.

Pada root drive harddisk maupun pada removable disk, ia akan menciptakan file duplikat dengan nama AMIS.exe.

PCMAV 3.1 Update Build2

Untuk membasmi virus ini ataupun varian virus lainnya, PCMAV 3.1 Update Build2 telah hadir dengan penambahan 8 pengenal varian virus baru. Bagi Anda pengguna PCMAV 3.1, sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak lagi.

Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, Anda cukup menjalankan PCMAV.exe, komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur Automatic Updates dari PCMAV akan secara otomatis men-download dan meng-update database dari PCMAV.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Anda bisa men-download file-nya melalui beberapa link ini:

SendSpace.com
ZippyShare.com (mirror)
Rapidshare.com (mirror)

Letakkan file hasil download tersebut (update.vdb) ke dalam folder \vdb. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Pastikan sekali lagi, bahwa nama file update adalah update.vdb, jika berbeda, cukup ubah namanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.

Daftar tambahan virus hingga PCMAV 3.1 Update Build2:
Amis
Amis.vbs
Autoit-ReplaceIcon
BHP
BlackLove.D
Blagu
Brontok-Joseray.J
Brontok-Joseray.J.bin
Dewasa
FaLoNgel
FaLoNgel.htm
FaLoNgel.ocx
Flyff666.vbs.B
Hasmi.B
Hasmi.B.ini
Malingsi.T
Malingsi.T.ini
Malingsi.T.mrc
Malingsi.T.sys.A
Malingsi.T.sys.B
Malingsi.T.sys.C
Malingsi.T.sys.D
Malingsi.T.sys.E
Malingsi.T.sys.F
Malingsi.T.sys.G
Malingsi.T.sys.H
Malingsi.U
Nebula
P0et-Death-Drive.A
P0et-Death-Drive.A.inf
P0et-Death-Drive.A.ini
P0et-Death-Drive.A.txt
P0et-Death-Drive.B
QGS
QGS.dll
QGS.hosts
QGS.inf
QGS.lnk
Senseii.vbs
Senseii.vbs.ini.A
Senseii.vbs.ini.B
Senseii.vbs.vbs.A
Senseii.vbs.vbs.B
Senseii.vbs.vbs.C
Senseii.vbs.vbs.D

Sumber : http://virusindonesia.com/2010/07/19/amis-menyamar-sebagai-file-mp3/#more-853
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan