Kamis, 13 Januari 2011

Alasan Kenapa Di area Pom Bensin Tidak Boleh Menyalahkan HP

Ada berbagai macam alasan mengenai kenapa diarea pom bensin tidak boleh menyalahkan hp. :

1. Dari pembahasan di Forum Kaskus, Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2088859

Dari ujicoba kasus dibawah ini bisa menghasilkan api dari sinyal HP











2. Dari pembahasan di Forum Modifikasi, Sumber : http://www.modifikasi.com/archive/index.php/t-62244.html

Ceritanya 1 :

Kemarin, saya mengisi bensin di SHELL Slipi...
Saya sengaja mengeluarkan HP terus seolah akan
menggunakan-nya.
Si gadis manis datang menghampirisampbil tersenyum dan dia
hanya memgang selang tanpa mau memasukkannya kedalam lobang tanki.
Terus saya turunkan HP dan saya menatap-nya.
Dengan sopan dia menanyakan :"Sudah selasai Pak...?" Saya
jawab :" Oh ya, gak jadi. Kenapa mBak"
"Memang sih Pak belum kejadian, namun di khawatirkan sinyal HP
Bapak akan mempengaruhi penghitungan liter digital sehingga kami
takut literannya ngaco..."
Saya tertawa dan menepuk pundaknya :"Ha..ha.ha. pinter, memang
benar mBak. Ngomong ngomong habis di-training?"
Si-embak gak menjawab, hanya terus senyum sambil mengisi
bensin...


Cerita 2 :

Dulu di th 1992, saya pakai HP sistem NMT450 (lebih maju dari pada AMPS) yang saat itu providernya : ERA MOBISEL. Saya mengguakan NOKIA 450 segede batu bata... Itu sistem-nya 100% analog hingga kemungkinan masih menggunakan miniatur relay untuk men-swit 'pemancar'nya. Mekanikal swit memang bisa mentriger api (bunga api) walaupun di HP analog jadul itu masih termasuk sangat kecil kemungkinannya.
Nah kalau HP jaman sekarang yang sudah full digital, tidak ada lagi kemungkinan 'perpindahan' arus listrik secara mekanik, semua pakai sistem logic (bandingkan dengan 'touch swit' pada perangkat elektronik modern; maka swit yang menggunakan logic tidak akan ada percikan bunga api)
Penjelasan yang paling logis di SPBU SHELL Brazil itu adalah sang operator menggunakan HT (bukan HP). Hand Held transceiver kebanyakan masih menggunakan sistem swith analog untuk 'push to talk'-nya, nah apabila HT dia berdaya besar (seperti merek AOR, bisa sampai 6 Watt pembanding : daya HP adalah 0.25mW !), kemungkinan percikan bunga api pada saat 'push to talk' sangat mungkin terjadi apalagi dia berada tepat diatas lobang tanki yang jenuh dengan uap bensin yang sangat 'jahat'.


Cerita 3 :

WRONG. gue udah pernah liat video cctv nya di SPBU shell di luar negri, lagi mau ngecek ketinggian level BBM d tangki mobil pembawa bbm, karena malem2 gelap, orgnya nerangin tangki nya pake lampu dr hape.. alhasil.. meledak tuh.... berantakan.

nih videonya : http://www.youtube.com/watch?v=qWeLv7Azuqg


dari informasi diatas pada intinya kita harus hati-hati, lebih baik mencegah dari pada terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan