Senin, 31 Januari 2011

Penurunan Berat Badan Tanda Hipertiroidisme

Saya karyawati suatu perusahaan swasta. Dalam tiga bulan ini berat badan saya menurun drastis. Jika semula 58 kilogram, sekarang hanya 52 kilogram. Akibatnya, banyak baju saya yang tak dapat dipakai lagi. Semula saya mengira penurunan berat badan ini disebabkan kesibukan saya di kantor yang berlebihan. Memang saya acap kali harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan menjelang tutup tahun.

Namun, setelah kesibukan berkurang dan saya menyempatkan diri untuk makan teratur dan lebih banyak daripada biasa, berat badan tak kunjung naik. Bahkan masih terjadi penurunan. Di samping itu saya merasa cepat lelah, gugup, dan banyak keringat. Tidur malam juga kurang nyenyak. Saya mulai curiga ada penyakit yang menyebabkan penurunan berat badan saya.


Dokter spesialis penyakit dalam yang memeriksa saya menganjurkan pemeriksaan laboratorium termasuk hormon dan juga scanning tiroid. Kesimpulannya, saya menderita hipertiroidisme. Menurut penjelasan dokter, hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid saya berlebihan dan akibatnya metabolisme tubuh saya berjalan lebih cepat dari biasa. Saya merasa khawatir dengan penyakit ini terutama karena saya belum menikah.

Menurut tunangan saya, mata saya agak melotot dibandingkan biasa. Saya dianjurkan untuk minum obat penurun hormon tiroid secara teratur. Ini sudah saya jalankan. Untunglah hasilnya cukup baik. Setelah dua bulan mengonsumsi obat, berat badan saya berhasil naik. Gejala gugup berkurang serta keringat juga mulai normal. Jika semula kalau memegang gelas, gelasnya bergoyang. Sekarang tidak lagi. Saya menjadi lega.

Menurut dokter, saya harus minum obat sedikitnya setahun dan setelah itu akan dievaluasi lagi. Ibu saya takut saya minum obat terlalu lama. Dia menganjurkan saya untuk minum obat herbal. Maklumlah ibu banyak teman yang mengonsumi obat herbal. Kata beliau, obat herbal lebih aman dibandingkan dengan obat kimia. Bolehkah saya menghentikan obat dokter dan beralih ke obat herbal? Adakah cara lain pengobatan hipertiroidisme ini. Apakah saya dapat berkeluarga dan punya anak ?

Terima kasih atas penjelasan dokter.

J di B


Jawab

Peningkatan fungsi tiroid yang disebut hipertiroidisme memang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang mencolok. Selain itu, dapat juga timbul gejala banyak keringat, kulit menjadi lembab. Penderita menjadi tremor, jika memegang sesuatu tangan gemetar.

Rasa debar-debar dan kesulitan tidur juga dapat terjadi. Untunglah penyakit Anda cepat terdiagnosis dan saya berharap terapi yang diberikan dokter Anda akan dapat memulihkan kembali kesehatan Anda.

Pada prinsipnya, pengobatan hipertiroidisme dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu pemberian obat antihormon tiroid, operasi, dan pemberian yodium radioaktif. Biasanya pengobatan dimulai dengan pemberian obat antitiroid. Obat ini memang harus digunakan lama. Setelah setahun pemberian obat, dokter akan mengevaluasi apakah obat sudah dapat dihentikan atau diperlukan modalitas lain seperti operasi.

Seperti telah dijelaskan oleh dokter Anda, gejala yang Anda alami adalah disebabkan oleh kelebihan hormon tiroid. Obat herbal memang banyak yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan atau mengatasi sukar tidur. Namun, pada hipertiroidisme karena gejala tersebut akibat hormon, obat herbal kurang bermanfaat. Perlu diatasi kelebihan hormon sehingga gejala dapat dikendalikan.

Karena itu, saya menganjurkan agar Anda tetap melanjutkan terapi yang diberikan oleh dokter Anda. Memang obat herbal pada umumnya lebih aman karena telah lama digunakan oleh nenek moyang kita, tetapi dalam pengobatan penyakit Anda obat herbal kurang bermanfaat. Sudah tentu pada masa depan Anda dapat berkeluarga dan mempunyai anak. Untuk itu, Anda perlu membahasnya dengan dokter Anda.

Saya memahami keinginan Anda untuk mempunyai anak yang sehat. Dokter dapat membantu Anda memilih waktu yang tepat untuk hamil sesuai dengan taraf kesehatan Anda. Dengan demikian, kesehatan Anda pada waktu hamil dan pertumbuhan janin nanti dapat dijaga.

Saya merasa senang kegiatan Anda selama ini tetap berjalan dengan baik. Melalui terapi yang baik, produktivitas kerja Anda dapat terjaga. Mengenai keluhan mata Anda dapat dikonsultasikan kepada dokter spesialis mata karena memang ada kelainan tiroid yang memengaruhi mata. Mudah-mudahan penjelasan ini memadai.

Dr Samsuridjal Djauzi


Sumber : [LNK='http://id.news.yahoo.com/kmps/20100322/tls-penurunan-berat-badan-tanda-hipertir-8d16233.html'

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan