Rabu, 19 Januari 2011

Tips Merawat Ikan Cupang


 ruangberkas.com_imagesYadi sudah lama mennjadi penggemar ikan cupang. Itu sebabnya ia tau persis seluk beluk bagai mana merawat ikan cupang yang benar. Berikut tips merawat ikan cupang ala yadi, yang kini ditunjuk sebagai perawat khusus ikan cupang di sentra ikan hias Splipi.

1. berikan makan 3 x sehari, ukurannya jangan terlalu banyak. Sebag jika ikan cupang dimanja dengan makanan terutama jenis jentik nyamuk, ikan bisa malas dan terus berada didasar air. Agar tetap nafsu kamannya terjaga, airnya ditambahkan Ammonia Chloraminei dengan dosis 2ml tiap 2,5 lt air.
2. berikan waktu pada ikan cupanguntuk berolahraga setiap hari antara 10 – 30 menit. Caranya sangat gampang. Hadapkan cupang dengan cupang lainnya tetapi tetap dengan sekat atau cermin.
3. lebih baik berikan makanan alami seperti kutuair, cacing, atau jentik nyamuk. Namun kalau sulit mendapatkan makanan alami, bisa diganti dengan pelet. Kutu air ini memang lebih bagus untuk cupang yang masih bayi.
4. ganti airnya maksimal 3 kali sehari. Jangan lupa beri daun ketapang pada air agar air bisa jernih dan terbebas dari penyakit.
5. jangan tempatkan cupang pada ruang yang gelap, kecuali untuk jenis cupang aduan. Untuk ikan cupang hias, dekat denga sinar matahari jauh lebih baik karena akanmenghasilkan warna yang cerah dan lebih bagus. Tetapi dekat dengan sinar matahari bukan berarti dijemur. Untuk cupang aduan, sebaiknya memang diruang yang gelap dalam rangka berpuasa.
6. periharalah ikan cupang yang masih bakalan (muda) asalkan tidak cacat, berkelamin jantan, sehat dan lincah. Perhatikan pula mental ikannya, warna tubuhnya yang harus cemerlang, warnanya harmonis, merata, baik ditubuh maupun dibagian sirip ikan cupang tersebut.
7. usia cupang bakalan (muda) ideal untuk dipelihara berkisar 1.5 – 5 bulan. Diumur itu, harganya lebih murah ketimbang kalu membeli yang dewasa.
8. untuk membekali cupang agar memenangkan kontes, perlu mengukuti latihan. Latihan sebaiknya dilakukan saat ikan berusia antara 1,5 – 2 bulan dengan sarana yang ideal bagi perkembangannya. Ibarat melatih calon anlet, sebaiknya sejak dini juga diperkenalkan “teknik bertanding”.
9. dipagi hari bukalah sekat setinggi setengah ketinggian air selama 10 menit. Ini bertujuan agar cupang saling berhadapan dan terbiasa mengembangkan sirip-siripnya didalam air. Sesudah 10 menit, sekat kembali ditutup seluruhnya. Barulah diberi pakan sampai kenyang, tetapi usahakan agar tidak ada sisa makan untuk menjaga kebersihan air. Jika siang hari, sekat kembali dibuka. Biarkan 10 menit saling berhadapan. Setelah selesai, sekat ditutup kembali dan pakan diberikan. Sorehari, masukan kedalam akuarimum ikan cupang betina yang berlum siap kawin. Biarkan selama 15 – 20 menit. Jika betina lebih galak, segera pisahkan. Bila telah selesai, pakan baru diberikan.
10. hal lain yang tak kalah penting adalah penjemuran. Lakukan 2 kali seminggu sekitar 15 – 20 menit, sambil dihadapkan dengan cupang dari kategori lain.


Sumber : Koran Pos Kota Rabu, 28 April 2010

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html dan adapun pencarian keyword yang tersedia seperti "Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan