Rabu, 19 Januari 2011

PATI JAGUNG TERMODIFIKASI SEBAGAI BAHAN ADITIF MAKANAN

Bahan aditif makanan dari pati jagung termodifikasi diperlukan sebagai bagian dari proses dalam produksi makanan untuk meningkatkan konsistensi, tekstur (texturizer),Pembawa(carier), Penstabil (stabilizer), pengikat (binder), pengisi (filler) maupun sebagai pelapis (coating). Perananya dianggap semakin penting dalam industri makanan sehingga permintaan bahan aditif saat ini semakin meningkat sejalan dengan meluasnya penganekaragaman produk makanan.

Aplikasi bahan aditif makanan berbasis pati jagung termodifikasi dalam industri makanan dilakukan dalam aneka tepung cryspr mix yaitu teping komposit untuk semua jenis makanan gorengan yang meningkatkan kerenyahan,krimix instant & custard mix yaitu bahan isian (vla) untuk pastries, soes, pie dan fungsi aditif lainya. Berikut adalah beberapa contoh fungsi aditif pati jagung termodifikasi yang teraplikasikan dalam proses pembuatan produk berbasis tempe.


KEUNTUNGAN PATI JAGUNG TERMODIFIKASI:

* Dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit;
* Mudah terdispersi secara sempurna;
* Kecenderungan retrogradasi & sineresis lebih kecil;
* Viskositas stabil pada temperatus tinggi 7 rendah;
* Lebih tahan asam, panas & daya mekanik;
* Daya ikat air rendah sehingga memperpanjang keawetan produk.

Penulis : Pusat Penelitian Kimia Serpong

Sumber : http://kimia.lipi.go.id/?page_id=5&mode=detail&ID=19

1 komentar:

Anonim mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkan / membeli pati jagung termodifikasi, mohon informasinya

terimakasih

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan