Minggu, 16 Januari 2011

Bicara Dengan Ibu Menjadi Obat Stres

Amerika - Letakkan batangan coklat di genggaman anda dan batalkan rencana ikut kelas yoga. Kalau ingin mengobati stres anda, segera telepon dan bicara dengan ibu.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan, dengan mendengar suara ibu dapat memberikan ketenangan dan mengurangi ketegangan dengan cepat. Percakapan dengan ibu melalui telepon memiliki efek yang sama seperti sedang dipelukannya.

Penelitian ini menjelaskan mengapa ibu kita kerap menjadi orang pertama yang mengetahui persoalan dan mendengarkan keluh kesah kita, meskipun anaknya sudah beranjak dewasa. Para peneliti memulai penelitian dengan mengamati hormon oxytocin. Hormon yang lebih dikenal dengan nama hormon cinta ini dapat membantu mengembangkan keterampilan, perilaku sosial dan kepercayaan diri.

Para peneliti dari Universitas Winconsin mengamati sebuah kelompok yang terdiri dari anak-anak perempuan berusia 12 tahun yang diminta memecahkan sebuah soal matematika di hadapan orang-orang yang belum mereka kenal sebelumnya. Tes ini dilakukan untuk memicu munculnya hormon cortisol atau hormon yang berkaitan dengan stres hingga mencapai tingkat yang memuncak.

Hasilnya, satu orang mengaku stress atau tertekan, tiga lainnya merasa nyaman karena telah membicarakan tes ini dengan ibunya sebelumnya secara langsung dan tiga lainnya juga telah mengabarkan kepada ibu mereka melalui telepon. Dari hasil uji laboratorium menunjukkan, mereka yang membicarakan tes ini dengan ibunya memiliki jumlah hormon oxytocin yang lebih tinggi ketimbang yang tidak.

"Kini dapat dipahami bahwa hormon oxytocin ini sangat berkaitan dengan konteks psikologi dan hubungan sosial seseorang," kata peneliti Leslie Seltzer.

Sumber : http://tempointeraktif.com/hg/iptek/2010/05/17/brk,20100517-248318,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan