Selasa, 18 Januari 2011

Debu dan Asap Rokok Penyebab Utama Asma

Debu dan asap rokok berada pada peringkat pertama dan kedua penyebab seseorang mengalami asma. Demikian disampaikan Ketua Dewan Asma Indonesia Prof dr Faisal Yunus dalam peringatan Hari Asma Sedunia.

"Kebanyakan karena debu bisa langsung asma. Kedua itu asap rokok," ujarnya, Minggu (9/5/2010) di Silang Monas, Jakarta. Namun, ia menjelaskan, penyebab asma tiap orang berbeda-beda, seperti asap kendaraan, udara dingin, dan makanan.


Faisal menyarankan penderita asma untuk menghindari faktor pencetus tersebut. "Bisa juga senam asma untuk penderita asma tidak akut. Senam membantu pernapasan yang baik," ujarnya menjelaskan.

Penyakit asma bisa timbul karena dua hal, yakni genetik (turunan) dan lingkungan. "Sebanyak dua pertiga penderita asma itu karena lingkungan. Yang genetik cuma sepertiga," ucapnya kepada Kompas.com.

Kini, jumlah penderita asma di Indonesia mencapai 5.000 orang. Sebanyak 64 persen dari 400 orang tidak terkontrol asmanya.


Sumber : http://id.news.yahoo.com/kmps/20100510/tls-debu-dan-asap-rokok-penyebab-utama-a-8d16233.html

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

bagus artikelnya thanks infonya juga ka ini aku mau reccomend tentang HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER aku reccomed banget nih buat yang bingung cari penginapan di daerah bandung ..

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan