Senin, 31 Januari 2011

Obrolan "Berisi" Mendatangkan Bahagia

Meluangkan waktu bersama orang lain untuk membicarakan hal yang bersifat lebih dalam, seperti makna hidup, harapan, dan bukannya hal remeh-temeh seperti obrolan tentang cuaca atau kemacetan, bisa membuat seseorang lebih berbahagia dalam hidupnya. Demikian menurut Matthias Mehl, psikolog dari University of Arizona, Amerika Serikat.

"Ini sangat menarik, karena kita bisa lebih berbahagia bila kita mau membuka diri untuk diskusi yang sifatnya lebih dalam dan personal," kata dr.Mehl.

Ia mengatakan, obrolan yang "berisi" bisa mendatangkan kebahagiaan karena dua alasan, yakni karena setiap manusia punya dorongan untuk mencari dan menciptakan makna dalam hidupnya. Kedua, karena manusia adalah mahluk sosial yang selalu ingin berhubungan dengan orang lain.

"Secara interpersonal, dengan melakukan diskusi yang dalam, kita bisa membuat ikatan dengan orang lain. Dan seperti kita ketahui, hubungan interpersonal dan dasar yang penting untuk kebahagiaan," kata Mehl.

Dalam penelitiannya, Mehl melakukan studi kecil yang melibatkan 79 mahasiswa yang bersedia mengenakan alat perekam untuk merekam setiap percakapan yang mereka lakukan dengan orang lain selama empat hari.

Kemudian hasil rekaman tersebut dikelompokkan menjadi diskusi yang bersifat ringan, seperti obrolan tentang cuaca atau acara TV, dan obrolan yang lebih "berbobot", misalnya tentang isu-isu hangat, filsafat, agama, serta pendidikan.

Orang yang paling bahagia, berdasarkan pengakuan mereka tentang kepuasan hidup, adalah mereka yang sering melakukan diskusi yang lebih berisi dengan orang lain. Orang-orang berbahagia ini hanya melakukan obrolan ringan 10 persen, atau tiga kali dalam sehari, dan mengobrol bermakna sebanyak 28,3 persen lebih sering dibanding orang yang tidak bahagia.

Sumber :[LNK='http://id.news.yahoo.com/kmps/20100322/tls-obrolan-berisi-mendatangkan-bahagia-8d16233.html']

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html dan adapun pencarian keyword yang tersedia seperti "Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan