Kamis, 27 Januari 2011

Tidur Siang Bantu Kerja Otak Lebih Baik

Studi yang dialakan di Univercity of California, Berkeley menghasilkan kesimpulan bahwa tidur siang membantu otak bekerja lebih baik.

Matthew Walker yang memimpin studi ini menyebutkan tidur siang sangat penting untuk membangun daya ingat yang baru. Riset ini menganalisa apakah tidur sebelum belajar memiliki dampak yang siknifikan dan penting dalam mempersiapkan otak menyerap informasi.

“Saat kita mulai belajar sesuatu, semua hal yang kita pelajari dikumpulkan di hippocampus, yang merupakan area penyimpanan jangka pendek pada otak,” kata walker seperti dikutip dari NPR, Senin (8/3/2010)

Menurut walker, agar ingatan itu bisa bertambah lama, perlu menghidupkan penyimpanan jangka panjang pada area otak bernama korteks.

“Saat seseorang tidur informasi itu dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dan mengubah geografi informasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran berikutnya”, tegarnya.

Dalam studinya, Walker dan timnya menganalisa dua kelompok partisipan sehat. Setiap kelompok diminta menyelesaikan dua sesi belajar. Di antara sesi pertama dan kedua pembelajaran, salah satu kelompok dipersiapkan untuk tidur selama 90 menit.

Hasilnya memperlihatkan partisipan yang diberi jatah tidur siang memiliki kemampuan 10% lebih baik dalam mengerjakan soal-soal ketimbang yang tidak tidur siang.


Sumber : http://www.okezone.com

1 komentar:

Ryan Zapple mengatakan...

BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html"Cara install software palsu bajakan di Mac Osx Sierra, Cara mengeluarkan Allow apps downloaded from Anywhere di Sierra Osx"

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan