Jumat, 21 Januari 2011

BIO DIESEL (Lemak Sapi)

Biodesel sebagai bahan bakar alternative merupakan bahan bakar mesin diesel yang dapat dibuat dari minyak yang dapat diperbaharui seperti minyak nabati atau hewani. Salah satu keunggulan menggunakan minyak nabati sebagai bahan baku biodiese adalah produk tersebut tidak mengandung belerang dan mengandung 11% oksigen, sehingga jika biodiesel ini digunakan untuk transportasi, polusi yang ada akan mengurangi karbon monoksida dan debu. Kelebihan lain dari biodiesel dari hasil pengamatan dapat memperpanjang umur mesin, mengurangi bau dari asap knalpot oetrodiesel, tidak iritasi pada mata dan juga tidak beracun.


Proses Pembuatan


Proses Pembuatan biodiesel dilakukan dengan proses Transesterifikas pada kondisi tertentu dengan menggunakan bahan baku antara lain : Minyak Hewani atau nabati, pelarut organik, Katalis dan Senyawa alkohol. Hasil yang diperoleh kemudian dicuci dan dipisahkan antara produk dan sisa asam dan katalis yang terbentuk selama proses.Biodesel tersebut kemudian dievaporasi untuk menghilangkan senyawa alcohol yang tersisa.

Spesifikasi Produk

1. Viscosity Kenematik(40 oC) :4.9405 cST
2. Density :0.9689 g/ml
3. Flash Point :176 C
4. Ester Value :-mg/gr
5. Water Content :1.73 %

Penulis : Pusat Penelitian Kimia Serpong

Sumber : http://kimia.lipi.go.id/?page_id=5&mode=detail&ID=10

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan