Senin, 10 Januari 2011

Seberapa Penting Makan Ikan Bagi Ibu Hamil

Para wanita hamil dianjurkan untuk mengasup ikan minimal tiga porsi dalam seminggu. Asupan kurang dari tiga porsi memicu meningkatnya gangguan otak pada bayi.

Lewat sebuah temuan terbaru, pakar mengungkap, asam lemak omega-3 pada ikan yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic, sangat penting bagi perkembangan otak. Agar perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan berkembang sempurna, wanita hamil dianjurkan makan sedikitnya tiga porsi ikan seminggu.

Hal ini menepis kekhawatiran yang berkembang untuk membatasi konsumsi ikan akibat kontaminasi bahan kimian berbahaya seperti dioxin dan methylmercury.


Profesor Jack Winkler, Direktur Kebijakan Unit Gizi di London Metropolitan University, seperti dikutip laman Telegraph, mengatakan manfaat minyak ikan jauh melebihi risiko lainnya.

"Studi membuktikan, makan ikan membuat kinerja otak anak jauh lebih baik daripada anak dari ibu yang tidak mengonsumsi ikan dalam porsi cukup saat hamil," katanya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Lancet tahun 2007 terhadap 12 ribu wanita hamil menunjukkan mereka yang mengasup kurang dari 340 gram ikan laut seminggu, atau setara dua setengah porsi, memiliki anak-anak dengan risiko kecerdasan verbal rendah lebih tinggi.

Penelitian baru juga menyatakan bahwa kekurangan asam docosahexaenoic mungkin juga berperan dalam perkembangan gangguan perilaku seperti hiperaktif (ADHD) pada anak-anak.

Sebuah studi yang dipimpin Dr Robert McNamara, dari Departemen Psikiatri pada University of Cincinnati College of Medicine, menemukan anak laki-laki delapan hingga sepuluh yang diberi tambahan asam docosahexaenoic terbukti meningkatkan kegiatan otak dalam mengerjakan tugas akademik daripada anak yang diberi plasebo.

Minyak ikan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan lain termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, mencegah kehilangan memori dan arthritis. (umi)

Sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/154369-seberapa_penting_makan_ikan_bagi_ibu_hamil

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan