Kamis, 06 Januari 2011

Siapa Paling Berisiko Tersedak?

 Ternyata, menurut hasil penelitian, penderita kelainan otot rangka, misalkan polyinyositis, distrofi otot, dan polio paling berisiko tersedak saat menelan makanan.

Suhanto, pakar kesehatan dari Rumahsakit Mediros Jakarta menerangkan, penderita kelainan otot biasanya mengalami kesulitan untuk menelan asupan makanan maupun minuman yang termasuk ke dalam tubuhnya.


"Ini berbahaya; kalau dibiarkan bisa mengakibatkan sesak nafas dan kematian," ujar Suhanto, pakar kesehatan Rumah Sakit Mediros.

Untuk itu, para penderita penyakit tersebut mesti mendapatkan perhatian dan pengawasan khusus dari orang di sekitarnya, terutama dalam tuusan ntengonsumsi makanan dan nunuman.

Jadi, sebaiknya, makanan yang dikonsumsi penderita sebisa ntungkin menggunakan bahan baku yang lembut dan mullah ditelan. Selain itu, penderita juga wajib diawasi saat makan. Jika ia tersedak, segera lakukan penanganan sementara dengan memukul punggung sehingga makanan bisa segera keluar. (Raymond Reynaldi)

Sumber : http://id.news.yahoo.com/kmps/20100602/tls-siapa-paling-berisiko-tersedak-8d16233.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Tutorial Yang Bermanfaat. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan